Senin 25 Jul 2016 15:57 WIB

Prajurit TNI Temukan 2,5 Hektare Ladang Ganja

Rep: Issha Harruma/ Red: Teguh Firmansyah
Ladang Ganja (Ilustrasi)
Ladang Ganja (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANDAILING NATAL -- Prajurit Kodim 0212/TS Tapanuli Selatan menemukan 2,5 hektare lahan ganja di pegunungan Tor Sihite, Kecamatan Panyabungan Timur, Mandailing Natal, Sumatra Utara. Selain itu, prajurit juga menemukan 200 kg tanaman ganja yang sudah kering dan siap kemas di lokasi.

Dandim 0212/TS Letkol Inf Septa Viandi mengatakan, penemuan tersebut terjadi saat para prajurit melakukan patroli untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan antara desa Huta Tinggi dan Banjar Lancat, Panyabungan Timur. Patroli tersebut dilakukan oleh Danramil 13/Panyabungan Kapten Inf Pardamean Sihombing beserta tiga anggotanya, Ahad (24/7) siang.

"Babinsa kami mengikuti ada orang yang dicurigai. Akhirnya ditemukan lahan ganja berikut ganja kering 200 kg. Jadi dijemur sampai kering dulu baru di-packing di kebun itu juga," kata Septa kepada Republika.co.id, Senin (25/7).

Melihat hal itu, Septa mengatakan, Danramil dan personel Koramil 13/Panyabungan pun langsung melakukan penyergapan. Namun, keenam orang tersebut melarikan diri dan meninggalkan ganja yang mereka kemas.

"Mereka bawa senjata rakitan. Karena bawa senjata itu dan kami kalah jumlah, ya mundur juga lah kami. Sampai pagi ini masih dilakukan pengejaran terhadap mereka," ujar Septa.

Atas temuan ini, Septa mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Mandailing Natal. Barang bukti berupa 200 kg ganja kering dari hasil lahan seluas dua hektare itu pun telah diamankan.

Baca juga, TNI Temukan 6,75 Hektar Ladang Ganja Saat Latihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement