Ahad 24 Jul 2016 23:48 WIB

Makassar Raih Piala Adipura Kirana dari Kementerian LHK

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Karta Raharja Ucu
Piala Adipura
Foto: blogspot.com
Piala Adipura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menerima Piala Adipura Kirana yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Untuk kedua kalinya Makassar berhasil meraih Adipura.

Jika tahun lalu Makassar berhasil meraih Piala Adipura kategori Kota Metropolitan, maka tahun ini Makassar diganjar penghargaan Piala Adipura Kirana kategori Kota Metropolitan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH-K) RI.

Tantangan Adipura tahun ini jauh lebih berat dibandingkan tahun lalu. Pasalnya selain menilai kebersihan kota, Adipura Kirana juga menilai bagaimana satu kota dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya melalui sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi tanpa mengabaikan pelestarian lingkungan. 

Tahun ini, Kementerian KLH RI membagi tiga tingkatan Adipura bagi kabupaten/kota, dan provinsi yaitu Adipura Buana untuk kota yang mampu membuat kotanya liveable, Adipura Kirana bagi kota yang mampu membuat wilayahnya atractive, dan Adipura Paripurna bagi daerah yang mampu meraih Adipura secara berkelanjutan.

"Piala ini kami persembahkan bagi seluruh warga kota Makassar terkhusus kepada almarhum bapak Syahruddin kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (24/7).

Ia menyebut Adipura Kirana merupakan buah kerja keras dan kekompakan warga bersama pemerintah. Tahun depan, Danny menargetkan meraih Piala Adipura Paripurna. Hal ini memberikan signal kepada seluruh jajarannya agar bekerja dua kali lebih cepat. Hal ini bertujuan agar Makassar dua kali bertambah baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement