Jumat 22 Jul 2016 17:12 WIB

Johan Budi: Menteri-Menteri Sedang Dievaluasi Jokowi

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Kabinet Kerja
Foto: AP
Kabinet Kerja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Sapto Pribowo membenarkan Presiden Joko Widodo sedang melakukan evaluasi kinerja pada para menteri Kabinet Kerja. Karena itulah, sejak beberapa hari terakhir, Presiden banyak memanggil menteri-menterinya satu per satu.

"Kalau Presiden panggil menteri dan mau evaluasi, itu hal biasa," kata Johan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/7).

Pada Jumat (22/7) saja, Presiden telah memanggil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise, Menteri Koperasi dan UMKM Puspayoga serta Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Johan membenarkan bahwa Presiden memanggil para menteri untuk mengecek pekerjaan para pembantunya tersebut. Menurut dia, parameter yang dipakai Jokowi untuk mengevaluasi menteri yaitu dengan melihat bagaimana mereka menerjemahkan setiap instruksi Presiden.

Namun begitu, Johan memastikan bahwa evaluasi sebenarnya dilakukan secara terus-menerus oleh Presiden. "Evaluasi ini tidak hanya pada satu titik," kata dia.

Lalu, apakah evaluasi akan berujung pada perombakan kabinet jilid dua? Johan menjawab bahwa penilaian menteri tak selalu berujung pada penggantian atau pergeseran formasi di kabinet.

"Evaluasi itu kan dalam rangka menilai kinerja menteri. Misalnya yang ini sudah bagus, tapi yang ini kurang, tolong diperbaiki," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement