Jumat 15 Jul 2016 22:13 WIB

11 Kegiatan Ilmiah Warnai Puncak Harteknas

Rep: Hasanul Risqa/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah pameran di harteknas (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Sebuah pameran di harteknas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak peringatan hari iptek nasional (Harteknas) 2016 akan dihelat di kota Solo pada 10 Agustus mendatang. Ketua Panitia Haktenas 2016, Ophir Sumule mengatakan dalam rangkaian Hakteknas, akan diselenggarakan 11 kegiatan ilmiah di Surakarta yang pelaksanaannya bersamaan dengan acara puncak dan enam kegiatan lannya pada waktu berbeda.

Empat kegiatan di antaranya dihelat Kemenristek Dikti, sedangkan tiga lainnya dihelat Pemda Jawa Tengah. Satu kegiatan akan digelar Dewan Riset Nasional (DRN) dan satu lainnya oleh LIPI.

Solo Jadi Tuan Rumah Puncak Harteknas

Pada 9 Agustus atau sehari jelang acara puncak Hakteknas, akan digelar sidang paripurna DRN di Hotel Royal Surakarta Heritage, Solo. Dilanjut dengan Welcoming Dinner Hakteknas di Auditorium UNS, Solo.

Dua kegiatan akan dilakukan konsorsium riset, yakni bidang pertahanan-keamanan dan aplikasi nuklir. Itu bertajuk Simposium Internasional Kedua, 'Aplikasi Teknologi Nuklir untuk Mendukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan: Bidang Kesehatan, Pangan, Energi, Industri, dan Lingkungan'. Akan hadir sekitar 150 peserta dari dalam dan luar negeri.

Secara total, lanjut dia, rangkaian acara ini akan dihadiri sekitar 1.200 peserta yang merupakan mahasiswa peraih beasiswa Bidik Misi dan SM3T dari seluruh Indonesia, kemudian mahasiswa afirmasi pendidikan tinggi Papua. Menristek Dikti juga akan memberikan kuliah umum.

Selain itu, akan ada 14 acara pendukung yang dihelat di Solo, Jateng. Sebanyak 10 acara di antaranya bertujuan untuk memasyarakatkan iptek. Ada pula lomba penulisan dan foto iptek bagi wartawan dan umum untuk memperebutkan hadiah total puluhan juta dan piala bergilir Menristekdikti.

Kegiatan Jalan Sehat juga akan digelar pada 7 Agustus nanti. Rencananya kegiatan itu diikuti sekitar 2.000 peserta. Itu dengan rute Jalan Sriwedari hingga Benteng Vasternburg, Surakarta. Di sana, akan ditampilkan hasil karya teknologi dalam negeri, semisal demo statis Panser Amfibi, Panser Turret, dan Rantis Komodo buatan PT Pindad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement