Jumat 15 Jul 2016 18:28 WIB

Arya Permana Alami Mutasi Genetik?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ilham
Arya Permana (10 tahun)
Foto: Mahmud Muhyidin
Arya Permana (10 tahun)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Arya Permana (10 tahun) mengalami obesitas akut. Berat badannya mencapai 190 kilogram sebelum ditangani oleh Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Kini Arya tengah dalam perawatan dokter.

Kasus Arya ini mengundang banyak perhatian, terutama dari kalangan praktisi kesehatan. Dokter Pemerhati Gaya Hidup, Dr Grace Judio-Kahl mengatakan, Arya obesitas, namun kabarnya tidak ada penyakit yang menyertainya.

Menurutnya ia mengenal istilah fat sick disease, penyakit karena lemak yang berkumpul dibagian dalam perut. Ini bisa berfungsi untuk menghangatkan, membuat hormon, membuat perempuan menstruasi dengan baik, dan membuat perempuan bisa hamil. Namun, lemak ini kalau terkena sesuatu membuatnya jadi eror.

“Nah, sesuatunya ini kita lagi cari, bisa virus, bisa mutasi genetik, tidak tahu itu apa, begitu kena sesuatu, lemaknya sakit,” katanya ketika ditemui wartawan, Kamis (14/7).

Lemak ini memproduksi banyak hormon, banyak protein yang bisa bikin tekanan darah tinggi atau tubuh resisten terhadap insulin, gula darah bisa tinggi, atau tiba-tiba kolesterol naik. “Kalau Arya Saya curiga dia punya mutasi genetik, karena dia enggak kenyang-kenyang, tapi emang bukan salah dia atau orang tuanya. Orang tuanya juga pasti problem, 50 persen dari problem berat badan adalah genetik, 50 persen gaya hidup,” ujarnya.

Orang tua harus khawatir anaknya mengalami obesitas ketika ada yang aneh pada patokan grafik pertumbuhan seperti posyandu, grafik tinggi, dan berat diplotin. “Dokter juga akan melihat kesehatan anak itu,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement