Selasa 12 Jul 2016 14:48 WIB

Stasiun Poncol dan Tawang Mulai Terapkan Check In dan Boarding

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Stasiun Poncol Semarang
Foto: www.skyscrapercity.com
Stasiun Poncol Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang mulai hari ini telah menerapkan sistem check- in dan boarding pass bagi para penumpang kereta api. Sistem check-in dan boarding pass ini sudah terpasang di Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang.

"Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang kereta api," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Gatut Sutiyatmoko, Selasa (12/7).

Sistem check-in dan boarding pass ini, juga untuk mempermudah para calon penumpang. Karena akan mengurangi resiko lolos boarding akibat salah tanggal atau tiket tidak valid.

Dengan sistem baru ini, para penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dapat melakukan check in pada mesin check in mandiri di stasiun mulai dua belas jam hingga menjelang keberangkatan kereta.

Check in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check in mandiri.

Selanjutnya, mesin ini akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

Boarding pass ini harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun. "Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun,” lanjut Gatut.

Ia juga menambahkan,sistem ini telah sukses diuji coba dan diterapkan di seluruh stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 1, 2, 3, 5, 6, dan 7.

Secara bertahap dalam waktu yang singkat PT KAI Daop 4 Semarang akan memberlakukan sistem ini pada seluruh stasiun keberangkatan yang ada di wilayah Daop 4 Semarang.

PT KAI Daop 4 Semarang berharap pemberlakuan sistem check in dan boarding ini dapat menghilangkan pencaloan dan peredaran tiket palsu yang beberapa waktu lalu pernah terjadi di beberapa daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement