Selasa 12 Jul 2016 04:01 WIB

TKI di Taiwan Rayakan Idul Fitri di Stasiun Kereta Api

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Idul Fitri (ilusreasi)
Foto: Gulfnews
Idul Fitri (ilusreasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI – Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan berkumpul di stasiun Kereta Api Taipei pada Ahad (10/7) untuk merayakan Idul Fitri 1437 H.  Pemerintah kota Taipei memfasilitasi umat Muslim Taiwan untuk merayakan festival keagamaan di lobi utama Stasiun Taipei.

Dilansir Focus Taiwan, setidaknya 20 ribu umat Islam Taiwan berkumpul di Stasiun Taipei untuk merayakan Idul Fitri. Stasiun Taipei merupakan tempat bagi banyak pekerja Asia Tenggara menghabiskan waktu libur di akhir pekan.  

Selain itu, Pemerintah Taipei juga mengadakan sebuah acara selama satu hari penuh untuk umat Islam yang ingin merayakan Idul Fitri. Acara yang diadakan berupa ceramah dan doa bersama ulama Indonesia Ali Saleh Muhammad Ali Jaber.

Perayaan juga disemarakkan dengan penampilan dari sejumlah penyanyi Indonesia. Perayaan semakin lengkap dengan adanya stand-stand yang menjual makanan halal. Tak hanya itu, para TKI juga diberi kesempatan untuk menghubungi keluarga di Tanah Air menggunakan telepon tanpa pungutan biaya.

Kegiatan ini bukan pertama kalinya diadakan oleh Pemerintah Taipei. Agar persiapan lebih matang, tahun ini Pemerintah Taipei turut melibatkan Departemen Informasi dan Pariwisata. Tujuannya tidak hanya bagi para Muslim tetapi secara umum memberikan kesempatan kepada  warga Taiwan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya Islam.

Deputi Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro menyambut baik pemberian fasilitas berupa ruangan di Stasiun Taipei. Namun, dia berharap Pemerintah Taiwan dapat memberikan ruangan yang lebih layak dan khusus diperuntukkan bagi TKI Muslim yang ingin berkumpul untuk acara keagamaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement