Senin 11 Jul 2016 08:08 WIB

Usai Libur Lebaran, Sampah Menumpuk di Lokasi Wisata Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Pantai Palabuhanratu
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Pantai Palabuhanratu

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Momen liburan Lebaran di sejumlah obyek wisata Sukabumi menyebabkan tumpukan sampah di beberapa titik. Salah satunya di lokasi wisata Pantai Palabuharatu, Kabupaten Sukabumi yang menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah.

Di lokasi tersebut tepatnya di bibir pantai terdapat tumpukan sampah yang ditinggalkan para wisatawan. "Para pengunjung kebanyakan membuang sampah secara sembarangan," ujar salah seorang warga Palabuhanratu, Ade Suherman Senin (11/7).

Dampaknya banyak sampah yang berserakan di pinggiran pantai dan membuat kotor lokasi wisata. Warga terutama pemilik warung pinggir pantai pun berinisiatif membersihkan sampah tersebut.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta Siti Maryam (28 tahun) mengatakan, selama beribur di Palabuhanratu pengunjung kesulitan menemukan tempat sampah atau tong sampah. Akibatnya, sebagian pengunjung kemungkinan membuang sampah di sepanjang bibir pantai. "Seharusnya pemerintah setempat menyediakan tempat sampah yang banyak dan mudah dijangkau pengunjung," ungkap Siti.

Dengan tersedianya tempat sampah yang memadai, dia mengatakan para wisatawan dengan kesadaran sendiri akan membuang sampah pada tempatnya. Di sisi lain, ia juga tidak melihat petugas kebersihan yang berada di sekitar kawasan wisata. Padahal, keberadaan petugas tersebut diperlukan untuk segera membersihkan sampah yang berserakan di pinggir pantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement