Ahad 10 Jul 2016 11:05 WIB

Air Terjun Sihobuk Diserbu Wisatawan

Red: M Akbar
air terjun Sihobuk
Foto: tapteng-sibolga.blogspot.com
air terjun Sihobuk

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Lokasi wisata air terjun Sihobuk, Sibuluan, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, H+4 Idul Fitri 1437 Hijriah dipadati pengunjung dari Medan, Padang Sidempuan, Kota Sibolga dan daerah lainnya.

"Air terjun Sihobuk itu sudah cukup lama, namun baru beberapa tahun ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun masyarakat untuk berekreasi sambil menikmati keindahan panorama alam," ujar salah seorang warga Sibuluan, Aminah (26), Ahad (10/7).

Air terjun tersebut, menurut dia, sebelumnya hanya dikenal oleh warga di Kecamatan Sarudik, namun akhirnya telah berkembang luas di Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga, Medan dan kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara (Sumut).

Lokasi objek wisata air terjun Sihobuk airnya sangat sejuk untuk mandi-mandi atau berendam para pengunjung dan warga yang datang ke daerah tersebut, karena berasal dari atas gunung, ujar Aminah.

Ia menjelaskan, kawasan wisata air terjun yang masih alamiah itu, juga memiliki panorama yang sangat indah, sehingga menjadikan daya tarik bagi warga maupun wisatawan luar.

Air terjun Sihobuk tersebut, merupakan objek wisata favorit bagi warga Tapteng, selain wisata bahari Pantai Pandan Kalangan, Pantai Bosur, Pulau Poncan, Pulau Mursala, Pantai Barus dan Pantai Kalangan, ucapnya.

Aminah menambahkan, di lokasi air terjun tersebut, juga terdapat tiga kolam dan dapat dijadikan sebagai tempat mandi bagi anak-anak, karena airnya juga tidak terlalu dalam.

Warga setempat berharap Pemkab Tapteng melalui Camat Sarudik dapat menata lokasi air terjun Sihobuk yang berada di pegunungan itu, dan selama ini kelihatannya kurang terurus, serta agak semraut.

Dengan penataan berbagai fasilitas, maka Pemkab Tapteng bisa menarik retribusi bagi wisatawan maupun pengunjung yang datang ke lokasi air terjun Sihobuk yang juga dikenal dengan nama "Sibuni-buni".

Hal ini juga merupakan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Tapteng agar dapat membangun kabupaten itu semakin lebih maju, dan berkembang, tutur warga Tapteng itu berharap.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement