Sabtu 02 Jul 2016 21:56 WIB

Harga Daging Sapi di Palembang Mencapai Rp 150 Ribu per Kg

Rep: Maspril Aries/ Red: Nidia Zuraya
Pedagang melayani pembeli daging sapi di sebuah pasar tradisional.  (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Pedagang melayani pembeli daging sapi di sebuah pasar tradisional. (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -– Empat hari menjelang hari raya Idul Fitri 2016 atau Sabtu (2/7) harga daging sapi lokal pada beberapa pasar di Palembang mencapai puncak tertinggi menembus harga Rp 150 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya harga daging sapi selama Ramadhan berkisar Rp 120 ribu-Rp 130 ribu per kg.

Beberapa pedagang sapi di Pasar Cinde menjelaskan, harga daging sapi sudah mencapai Rp 150 ribu per kg sejak Kamis (1/7). “Harga daging Rp 150 ribu per kg memang sudah dari kemarin. Sebelumnya harga daging sempat naik dari Rp 120 ri u per kg menjadi Rp 130 ribu per kg. Sekarang sudah Rp 150 ribu per kg,” kata Rahman seorang pedagang daging di pasar yang berada di pusat kota Palembang.

Menurut pedagang daging di Pasar Cinde, untuk pasokan daging dari rumah potong hewan (RPH) selama Idul Fitri tetap stabil dan lancar. Menurut pedagang yang lain, kenaikan harga ini sesuai dengan kenaikan harga modal saat mereka membeli sapi dari pedagang.

Beberapa konsumen terpaksa membeli daging tersebut walaupun dirasakan harganya sudah cukup mahal. “Kami tetap membeli daging sapi lokal karena di rumah anak-anak mengatakan kurang suka dengan daging impor atau daging beku,” kata seorang konsumen.

Selain harga daging yang naik, harga tulang sapi yang selama ini dibuat makanan pindang tulang khas Palembang juga ikut naik. “Harga tulang Rp 90 ribu per kg naik dari harga sebelumnya Rp 75 ribu per kg,” ujar Rahman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement