Selasa 28 Jun 2016 22:02 WIB

Pelindo III Siapkan 17 Kapal Arus Mudik

Red: Ilham
Kapal pengangkut pemudik (ilustrasi)
Kapal pengangkut pemudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- PT Pelindo III Banjarmasin bersama perusahaan pelayaran menyiapkan 17 kapal untuk angkutan arus mudik Lebaran 1437 Hijriah dari Banjarmasin tujuan Surabaya dan Semarang.

GM Manajer PT Pelindo III Banjarmasin, Hengky Jajang Herasmana mengatakan, aktivitas arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin kini mulai meningkat tajam. Menurut Hengky, hingga H-9 Lebaran jumlah penumpang kapal laut telah mencapai 4.700 orang penumpang.

Mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, terutama dari Kalimantan Tengah, PT Pelindo III Banjarmasin menyiapkan 17 kapal, satu di antaranya adalah kapal perang, yang akan mulai dioperasikan pada H-5 Lebaran. "Lonjakan penumpang kapal, kami prediksi mulai terjadi pada H-5 hingga H-1. Kalau memang diperlukan, kapal perang akan kita operasikan mulai saat itu," katanya.

Diprediksi, kata dia, jumlah penumpang kapal laut kembali membludak sebagaimana tahun-tahun sebelumnya karena sebagian besar penumpang asal Kalimantan Tengah, memilih mudik melalui pelabuhan Trisakti Banjarmasin. "Sepertinya akan tetap terjadi lonjakan penumpang, tapi tidak sepadat tahun lalu. Tahun sebelumnya pada H-9, jumlah penumpang telah mencapai di atas 5 ribu orang, sekarang baru 4.700 orang," katanya.

Memastikan kondisi kapal, Hengky langsung memantau keberadaan penumpang di dalam kapal. Dia juga menanyakan langsung kondisi kesehatan penumpang.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement