Senin 27 Jun 2016 18:40 WIB

BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Alami Cuaca tak Bersahabat

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bayu Hermawan
BMKG
BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di beberapa wilayah Indonesia. Ada sebagian wilayah yang hari ini diprediksi mengalami kondisi cuaca kurang bersahabat.

"Misalnya saja di Nusa Tenggara Barat (NTB). Waspadai gelombang tinggi di perairan NTB yang mencapai tiga meter," tulis BMKG dalam keterangan persnya, Senin (27/6).

Keesokan harinya, BMKG meminta masyarakat NTB mewaspadai gelombang tinggi di perairan NTB yang mencapai 3,5 meter. Sementara itu, Provinsi Kalimantan Selatan akan mengalami potensi hujan lebat diserta kilat atau petir.

Khususnya di wilayah Kalimantan Selatan bagian selatan. Provinsi Aceh pun diperkirakan akan mengalami angin kencang, terutama di wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, dan sekitarnya.

Kemudian di Provinsi Bengkulu diprediksi akan terjadi gelombang laut setinggi 1 hingga 4 meter di perairan Bengkulu-Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Sementara itu, masyarakat di Provinsi Maluku diminta mewaspadai potensi terjadinya angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 kilometer per jam.

Angin kencang ini berpeluang terjadi di Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya. Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, antara siang dan sore hari kondisi akan berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Tangerang.

Hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Bekasi  dan Bogor. Pada malam harinya, kondisi berawan dan berpotensi hujan ringan terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang, dan Bekasi. Sedangkan hujan ringan hingga sedang terjadi di Depok dan Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement