Jumat 24 Jun 2016 11:01 WIB

BMKG: Getaran Gempa di Kalbar Dirasakan Semua Penduduk

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Andi Nur Aminah
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KETAPANG -- Hari ini gempa bumi tektonik mengguncang kuat daerah Kandawangan, Ketapang, Kalimantan Barat. Hasil analisis Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 07.41.36 WIB dengan kekuatan 5,0 Skala Richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat 2,61 Lintang Selatan dan 110,19 Bujur Timur.

Lebih tepatnya lagi, episenter berada di darat pada jarak sekitar 10 kilometer arah barat daya Kota Kandawangan, Ketapang, Kalimantan Barat pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Efek gempa bumi yang didasarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa wilayah terdampak gempa bumi di Kota Kandawangan dan sekitarnya mengalami guncangan pada skala intensitas V-VI MMI (III SIG-BMKG). "Artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk, kebanyakan orang terkejut dan lari keluar dan kerusakan ringan pada bangunan rumah dapat terjadi," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Jumat (24/6).

Menurut laporan, banyak warga setempat panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Laporan terbaru menyebutkan terjadi kerusakan ringan pada beberapa bangunan rumah di Kandawangan sebagai dampak gempa bumi ini.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa berdasarkan kedalaman hiposenternya yang cukup dangkal menunjukkan bahwa gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas sesar aktif. Karena hiposenter berada di kedalaman 10 kilometer maka gempa bumi ini disebut sebagai gempa bumi dangkal. Menurut Daryono wajar jika guncangan gempa bumi ini dirasakan cukup kuat di Kota Kandawangan dan sekitarnya yang lokasinya paling dekat dengan pusat gempa bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement