Jumat 24 Jun 2016 04:30 WIB

Ali yang Cerdas (Catatan Mengenang Muhammad Ali)

Red: M Akbar
Soenarwoto Prono Leksono
Foto:

Semasih muda, konon Ali giat sebagai aktivis anti-rasialis. Ia kerap ikut berdemo menentang keras kesewenang-wenangan dan penindasan oleh bangsa kulit putih terhadap kulit hitam di negerinya. Ali juga berani mbalelo terhadap pemerintahnya (AS); menolak wajib militer di Vietnam. Ia memilih dijebloskan ke dalam penjara daripada ikut berperang.

Dari semua itu, yang membuat saya takjub adalah ketaqwaannya dalam menjalani galur hidupnya. Ini yang mungkin tidak di-blow up atau diulas mendalam oleh media massa (cetak maupun elektronik). Syahdan, pada suatu hari setelah bertinju Ali mendapat pertanyaan dari seorang anak kecil; apa yang akan kau lakukan setelah pensiun dari bertinju?

Muhammad Ali mengatakan,"Hidup ini singkat. Berapa tahun kau habiskan untuk tidur, untuk bersekolah, melakukan perjalanan, bekerja, menonton film, televisi, berolahraga dan lain-lain. Ketika kau sibuk kerja, mengurus keluarga dan anak-anakmu, tahu-tahu usiamu menjelang 60 tahun."

Padahal, menurut Ali, semua yang kau lakukan itu bukan milikmu. "Aku pernah bercerai. Keempat anakku kini memanggil bapak pada lelaki lain, dan mereka tak pernah mengunjungiku lagi. Anak dan istrimu bukanlah milikmu," ucap Ali dan para penonton yang tersorot kamera sontak terlihat terkesima.

Lalu, apa yang akan kau lakukan setelah pensiun? "Get ready to meet God. Bersiap menemui Tuhan. Kita semua akan mati, kapan pun tanpa kita tahu saatnya. Tuhan mungkin tidak peduli aku mengalahkan Joe Frazier atau George Foreman. Tuhan hanya ingin melihat apa yang aku lakukan pada sesama," ucap Ali.

Yang terpenting dalam hidup ini, kata Ali, adalah ketika kita mati. Setelah mati nanti, apakah kita masuk surga atau neraka. "Aku begitu takut masuk neraka. Mungkin saja aku membunuh atau merampok orang. Polisi barangkali tak dapat menangkapku, tapi ketika aku mati ada yang mencatat semua perbuatanku, dan aku tak bisa mengelak."

Jadi apa yang akan kau lakukan? "Bersiap menemui Tuhan, dan berharap masuk ke surga-Nya," jawab Ali seakan ingin mengejawentahkan hadis ini; ingatlah kamu selalu akan kematian, karena itu yang bisa mendekatkanmu kepada Allah. Dan secerdas-cerdas umatku, adalah mereka yang selalu ingat kematian dan mempersiapkan bekalnya.

Uraian di atas itu dikatakan Muhammad Ali pada saat usianya baru 35 tahun, ketika masih pada puncak kejayaannya dalam bertinju. Dan ketika mulai terkena penyakit parkinson Ali berkata, "Hidup ini ilusi. Aku menaklukkan dunia, tapi tak membuatku puas. Tuhan memberikan penyakit ini, untuk mengingatkanku, bahwa aku bukanlah nomer satu melainkan DIA. Allahu Akbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement