Senin 20 Jun 2016 14:03 WIB

Pencarian Pendaki Semeru Diperpanjang Seminggu

Pemandangan dari puncak Gunung Semeru.
Foto: Republika/Erik PP
Pemandangan dari puncak Gunung Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Pencarian pendaki yang hilang di Gunung Semeru (3.676 meter dari permukaan laut) Lionel Du Creaux (26) diperpanjang. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Budi Mulyanto mengatakan pencarian survivor dilakukan selama tujuh hari ke depan sesuai permintaan keluarga melalui Konsulat Kehormatan Swiss.

"Kegiatan SAR tambahan tersebut dilakukan di luar prosedur tetap SAR, sehingga struktur SAR baru dibentuk untuk melakukan pencarian dan kendali di lapangan masih tetap menjadi kewenangan pihak TNBTS," tuturnya, Senin (20/6).

Menurut dia, segala konsekuensi dan biaya operasional SAR yang dilakukan selama tujuh hari tersebut sepenuhnya ditanggung keluarga survivor dan pihak Konsul Swiss. Personel yang dilibatkan pun tidak sebanyak pencarian yang dilakukan pada kegiatan SAR terbuka selama 10 hari lalu.

"Kami berharap mudah-mudahan survivor segera ditemukan karena selama 10 hari pencarian yang dilakukan oleh tim SAR gabungan dan pengamatan pesawat tanpa awak (drone) belum membuahkan hasil," katanya.

Seorang pendaki asal Swiss bernama Lionel Du Creaux (26) dinyatakan hilang saat mendaki secara ilegal di jalur pendakian Gunung Semeru dan laporan hilangnya pendaki tersebut baru dilaporkan rekannya Alice Guignard kepada petugas Resort di Pos Ranu Pani TNBTS pada 7 Juni 2016.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement