Ahad 19 Jun 2016 17:27 WIB

70 Persen Kuota Mudik Gratis Kemenhub Telah Terisi

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Bayu Hermawan
Program Mudik Gratis
Foto: antaranews
Program Mudik Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementeria Perhubungan masih membuka pendaftaran mudik gratis. Program ini ditujukan bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, untuk kemudian diberikan fasilitas mudik gratis dengan menggunakan bus atau kereta api.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam beberapa kesempatan mengatakan akan terus membuka pendaftaran selama kuota mudik gratis masih ada dan baru akan ditutup menjelang lebaran.

Hal senada juga selalu diucapkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto Iskandar yang terus mengimbau masyarakat, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk beralih ke mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta.

"Enakan mudik gratis, AC, dapat snack, nyaman," katanya.

Sementara terkait kuota, Kepala Biro Pusat Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hemi Pamuraharjo menerangkan, kuota mudik gratis dengan kereta api masih tersedia sekitar 30 persen.

"Jumlah pendaftar angkutan motor gratis dengan moda kereta sampai 18 Juni 2016 sebesar 11.154 motor dari total kuota 15.834 motor atau sebesar 70 persen dari total kuota," kata Hemi, Ahad (19/6).

Program mudik gratis diharapkan mampu menekan tingginya angka kecelakaan dan juga mewujudkan target nir-kecelakaan (zero accident) pada angkutan penumpang lebaran 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement