Ahad 19 Jun 2016 08:21 WIB

Ini 17 Bank yang Melayani Penukaran Uang Baru

Penukaran uang baru
Foto: Antara
Penukaran uang baru

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, menggandeng 17 bank di daerah itu untuk melayani penukaran uang pecahan kecil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Bank tersebut di antaranya Bank Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, Bank Sulut, BRI, Bank Muamalat, BTN, BTPN, Danamon, Sinar Mas, BII, Bank Mega, Bank Mega Syariah, Bank Pundi, Panin Bank dan Nobu Bank. Kepala Perwakilan BI Gorontalo, Suryono, mengatakan, masyarakat dapat menukarkan uang dengan pecahan yang lebih kecil di bank-bank tersebut sesuai dengan jadwal masing-masing.

"Kalau jadwal penukaran khusus di Bank Indonesia nanti tanggal 28, 29 dan 30 Juni mendatang. Silahkan media massa mengumumkan agar warga tahu lokasi dan waktu penukaran," kata dia, Sabtu (18/6).

Ia mengungkapkan, seluruh kegiatan pelayanan Kantor Perwakilan BI, termasuk penukaran uang tidak dipungut biaya.

BI menyiapkan uang hasil cetakan baru Rp 7 miliar untuk penukaran uang pecahan kecil hingga seribu rupiah.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat sebanyak Rp4 miliar atau naik 130 persen dibanding 2015 yang hanya sebesar Rp 3 miliar.

"Peningkatan ini disebabkan oleh adanya ekonomi yang bertumbuh. Pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan alat pembayaran yang cukup," katanya.

Pada 2015, BI menyiapkan Rp 3 miliar, dimana angka tersebut naik sekitar 11 persen dibanding 2014. Saat akan menukar uang, warga diminta mengambil nomor antrian di Lapangan Taruna Remaja di Kota Gorontalo mulai pukul 09.00 hingga 12.00 Wita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement