Jumat 17 Jun 2016 19:22 WIB

Sidak ke Batam, Jonan Sebut Pelabuhan Sekupang Mirip Gudang

Rep: Muhyiddin/ Red: Taufik Rachman
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan.
Foto: ist
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan.

REPUBLIKA.CO.ID,  BATAM -- Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meninjau Pelabuhan Pelni dan Bandara Hang Nadim di Kota Batam, Jum'at (17/6). Jonan ingin memeriksa kesiapan angkutan menjelang mudik lebaran 2016.

Dalam sidak tersebut, Jonan didampingi para pejabat setempat. Jonan sempat berhujan-hujanan saat meninjau pelabuhan tersebut. Selain itu, Jonan juga masuk  ke dalam terminal yang tampak seperti gudang tersebut. "Itu gudang tadi itu," kata Jonan kepada wartawan.

Karena itu, Jonan meminta agar Terminal Pelabuhan Beton Sekupang tersebut segera dipindahkan ke daerah Batu Ampar pada Senin (20/6) nanti. "Saya minta Senin ini dipindah saja ke Batu Ampar, karena Batu Ampar sudah lebih layak. Jadi terminalnya itu (Beton Sekupang) tutup aja dulu, kan juga dermaganya mau diperbaiki dan sebagainya," jelas dia.

Menurut Jonan, terminal penumpang dosmetik yang menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal besar Pelni tersebut sangat tidak layak. Karena itu, lanjut dia, nantinya operasi kapal Pelni akan beroperasi di Batu Ampar.

Setelah meninjau pelabuhan tersebut, Jonan menuju Bandara Hang Nadim bersama rombongan. Menurut Jonan, pihak bandara sudah merencanakan untuk melakukan enovasi terhadap terminal bandara. Namun, kata dia, yang namanya inovasi pasti membutuhkan waktu.

"Mungkin setelah direnovasi supaya update. Yang lain teknis ya, seperti keselematan, keamanan, kargo dan sebagainya," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement