Jumat 17 Jun 2016 15:48 WIB

Ancol Antisipasi Kebersihan dan Keamanan Jelang Libur Lebaran

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Bilal Ramadhan
Pengunjung memadati Pantai Ancol Jakarta, Kamis (5/5).  (Republika/Darmawan)
Pengunjung memadati Pantai Ancol Jakarta, Kamis (5/5). (Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID,‎ JAKARTA -- Taman Impian Jaya Ancol sudah menyiapkan langkah antisipasi kemungkinan adanya lonjakan pengunjung saat liburan Lebaran nanti. Persiapan tersebut tak hanya berupa hadirnya wahana menarik, tapi juga dari sisi kebersihan dan keamanan.

"Untuk taman kebersihan, kami sangat concern. Itu menjadi sesuatu kekuatan di Ancol," ujar Manajer Operasional Taman Impian Jaya Ancol Aswin Budi Pratomo, Jumat (17/7).

Ancol pun akan meningkatkan keramahtamahan ke pengunjung. Saat ini Ancol memiliki tenaga kebersihan total 200 orang, yang terbagi menjadi empat bagian yakni kebersihan di sisi barat, timur, toilet dan pengangkutan sampah. Ancol pun sangat peduli dengan penghijauan. Total 60 persen kawasan Ancol ditanami pepohonan.

Untuk libur Lebaran, Ancol akan menambah tenaga (part time) kebersihan tambahan sebanyak 100 orang guna mengantisipasi lokasi pengunjung. Total toilet di area Taman Impian Jaya Ancol ada sekitar 19 unit plus empat toilet di Pasar Seni. Untuk Lebaran, mereka akan menambah 20 toilet portabel, dimana setiap satu portabel terdiri dari empat ruang.

"Untuk pembersihan, tidak ada jam pembersihan. Kita akan bersihkan teru-menerus," kata Aswin.

Dari sisi edukasi, pihak Ancol akan mengimbau pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarang. "Kami akan mengntisipasi untuk kebersihan pantai agar maksimal," kata Aswin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement