Kamis 16 Jun 2016 19:18 WIB

Gubernur Jabar Jamin Stok Pangan Aman

Stok Pangan (Ilustrasi)
Foto: BERITA JAKARTA
Stok Pangan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan kembali menegaskan bahwa pihaknya menjamin stok pangan aman hingga pascalebaran mendatang, begitu juga ketersediaan daging baik ayam maupun sapi dinyatakan aman.

"Stok bahan pangan aman sampai lebaran, bahkan pascalebaran, termasuk daging, begitu juga dengan ketersediaan elpiji," kata Aher saat ditemui seusai menyambut Presiden RI Joko Widodo yang transit di Banda Udara Cakra Buana, Penggung, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Kamis (16/6).

Menurutnya bahan pangan hingga bahan bakar yang dibutuhkan masyarakat aman, ia juga menyoroti ketersediaan daging, baik sapi hingga ayam, yang dijamin mencukupi. Selain ketersediaan, pihaknya juga mengupayakan penekanan harga bahan pangan agar tidak melambung terlalu tinggi.

Penekanan itu terutama pada komoditi daging, khususnya sapi, agar tidak melampaui harga Rp 100 ribu. Ia mengatakan sampai saat ini harga daging sapi masih di atas Rp 100 ribu, dia meyakinkan, telah menargetkan harganya di bawah itu pada hari-hari mendekati Lebaran.

Menurutnya mendekati lebaran permintaan akan daging sapi akan melonjak sehingga butuh upaya optimal menekan harganya agar tak lebih melambung. "Ada bantuan dari gubernur sekitar Rp15 miliar untuk OP murah bagi masyarakat di masing-masing kota dan kabupaten di Jabar," ujarnya.

Aher menambahkan untuk operasi pasar murah sebagai upaya menekan harga, ia menyakini bahwa operasi pasar itu membantu warga memperoleh kebutuhan dengan harga lebih murah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement