Selasa 14 Jun 2016 17:52 WIB

Kemendesa Bantu Pengadaan Kapal Wisata Rp 2 Miliar di Seruyan

Orangutan di kawasan Hutan Seruyan, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng.
Foto: ANTARA/Saptono/Spt/11
Orangutan di kawasan Hutan Seruyan, Taman Nasional Tanjung Puting, Kalteng.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA PEMBUANG -- Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menyatakan membantu mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah yang belum tergarap maksimal. Salah satunya dengan memberikan bantuan kapal wisata.

Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Haryono mengatakan bantuan kapal wisata diberikan oleh Kemendes PDTT untuk merangsang pertumbuhan pariwisata di Seruyan. Nantinya dapat digunakan untuk wisata memancing, wisata danau, wisata susur sungai, serta wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Pengadaan kapal wisata seharga Rp 2 miliar itu langsung dilakukan oleh pemerintah pusat, namun untuk desain kapal diserahkan kepada pemerintah daerah," katanya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Seruyan itu menyatakan, Seruyan sebenarnya memiliki banyak potensi daerah yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata, seperti Danau Sembuluh di Kecamatan Danau Sembuluh yang merupakan salah satu danau terluas di Indonesia.

Seruyan juga mempunyai Desa Bangkal di Kecamatan Seruyan Raya yang dikenal sebagai Desa Budaya Dayak di Kalteng, serta kawasan pantai yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata. Namun, sektor pariwisata itu belum tergarap maksimal karena Seruyan masih harus fokus untuk membangun atau membenahi infrastruktur jalan serta jembatan untuk membuka keterisolasian daerah ini.

"Karena itu, kami menyambut baik bantuan yang diberikan Kemendes PDTT untuk mengembangkan pariwisata di Seruyan," katanya.

Selain kapal wisata, Seruyan juga akan menerima bantuan 300 ekor bibit sapi untuk dikembangkan melalui peternakan yang dikelola secara modern oleh kelompok tani. "Selain itu, tahun ini Kemendes PDTT juga akan memberikan bantuan bibit buah-buahan lokal bernilai ekonomis, dan saat ini lahannya sudah disiapkan sekitar 10 hektare," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement