Jumat 10 Jun 2016 15:27 WIB

Hingga Lebaran, Pasokan LPG 3 Kg Aman

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
LPG 3 Kg
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
LPG 3 Kg

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG --Selama Ramadhan hingga Lebaran menjelang, Pertamina menyiapkan tambahan hingga 10 persen dari rata-rata penyaluran normal LPG 3 kg di wilayah Malang Raya.

Tambahan ini untuk mengantisipasi peningkatan permintaan LPG khususnya LPG 3 kilogram bersubsidi pada saat Ramadhan hingga pascalebaran.

Area Manager Communication and Relation Heppy Wulansari mengatakan kebutuhan masyarakat akan produk LPG pasti meningkat saat bulan puasa dan Lebaran. Peningkatan permintaan khususnya pada LPG 3 kg bersubsidi.

Oleh karena itu, Pertamina melakukan antisipasi dengan melakukan penambahan pasokan LPG 3 kg bersubsidi. Penambahan ini didasarkan atas realisasi konsumsi tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa tanpa kekhawatiran kesulitan mencari produk LPG.

"Pertamina siap menyediakan pasokan LPG karena kebutuhan rumah tangga seperti memasak akan tinggi pada awal bulan puasa hingga jelang lebaran dan pascalebaran," jelas Heppy dalam keterangan yang diterima Republika, Jumat (10/6).

Oleh karena itu alokasi LPG 3 kg akan ditambahkan 10 persen dari rata-rata pasokan normal yaitu 9.977 metrik ton.

Selain LPG 3 kg, Pertamina juga menambah pasokan LPG Non Subsidi (LPG 12 kilogram dan Bright Gas) sebesar 6,5 persen dari rata-rata pasokan normal.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan konsumen setia pengguna LPG 12 kg dan Bright Gas terus terpenuhi. Terutama, di masa tingginya kebutuhan untuk menyiapkan hidangan dan membuat sajian Ramadhan dan Lebaran.

Pertamina memastikan harga jual LPG 3 kilogram bersubsidi di lembaga penyalur resmi Pertamina seperti pangkalan LPG resmi sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). HET yang berlaku di seluruh wilayah Jawa Timur yaitu Rp 16 ribu per tabung.

"Kami pastikan harga jual LPG 3 Kg bersubsidi di lembaga penyalur resmi Pertamina yaitu Pangkalan LPG, SPBU, atau modern outlet sesuai dengan HET yang ditetapkan," tambah Heppy.

Hingga kini jumlah pangkalan LPG Pertamina di wilayah Malang Raya sebanyak 1.828 pangkalan. Sedangkan untuk SPBU yang menjual LPG sebanyak 40 outlet dan modern outlet sebanyak 44.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement