Jumat 10 Jun 2016 14:10 WIB

Jokowi Khawatir Jawa-Bali Krisis Listrik 2019

Presiden Joko Widodo
Foto: Reuters/Darren Whiteside
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Presiden Joko Widodo mengkhawatirkan Pulau Jawa dan Bali akan mengalami krisis listrik pada 2019. Ini bakal terjadi jika pasokan sebesar 21.000 megawatt tidak segera terpenuhi.

"Kalau kita lihat kebutuhan Jawa-Bali masih 21.000 megawatt kebutuhan yang sangat besar yang harus segera dikejar, harus segera dipercepat pelaksanaannya karena kalau tidak, 2019 akan ada kekurangan listrik di Jawa-Bali," kata Presiden Jokowi saat Peresmian Gardu Induk & Transmisi di Wilayah Jakarta Raya dan Banten di Desa Lontar, Kemiri, Tangerang, Banten, Jumat (10/6).

Hal itu, kata Presiden, jika tidak segera dipenuhi berarti akan ada pemadaman bergilir di provinsi-provinsi yang ada di Jawa dan Bali. Karena itu, pada pekan lalu dan pekan ini Presiden akan berkonsentrasi terhadap pembangunan infrastruktur kelistrikan.

"Kalau tidak kita kawal betul, tidak ke lapangan betul, 35 ribu MW bukan target, itu kebutuhan. Kalau itu enggak ketemu, bisa nantinya di provinsi-provinsi itu keadaannya sama, 'byar pet-byar pet'," katanya.

Ia menambahkan, peningkatan investasi, industri, pembangunan pabrik baru, akan terkendala kalau problem kelistrikan belum terselesaikan. "Sehingga ada yang diselesaikan lewat PPP, investor swasta, 25.900 dikerjakan PLN. Yang PLN ada yang bisa cepat dengan 'Mobile Power Plant'. Ada juga yang seperti ini PLTU, makan waktu sampai 4 tahun," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement