Rabu 08 Jun 2016 16:18 WIB

Rental Mobil Mulai Diburu Konsumen untuk Mudik

Rental Mobil
Rental Mobil

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sejumlah jasa rental kendaraan mobil di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai diburu konsumen meski musim mudik Lebaran 1437 H/2016 masih jauh.

"Sejak seminggu terakhir, yang pesannya sudah mulai banyak. Rata-rata buat keperluan mudik ke kampung," kata karyawan salah satu rental mobil di Jalan Sudirman Bekasi Barat, Munajat (45) di Bekasi, Rabu (8/6).

Menurut dia, konsumen yang datang ke tempat penyewaan kendaraannya di Ruko Sudirman Nomor 5 Kelurahan Kayuringin, Kecamatan Bekasi Barat tidak semuanya melakukan penyewaan kendaraan. "Paling banyak cuma mau membandingkan, lebih murah naik umum atau naik mobil sewaan. Paling dari 25 orang dalam sehari yang datang atau telepon, hanya lima sampai sepuluh yang menyewa," katanya.

Jumlah transaksi itu diklaim Munajat mengalami peningkatan sekitar dua kali lipat dari hari normal.

Menurutnya, kendaraan dengan jenis MPV masih jadi pilihan utama konsumen karena kapasitas angkutnya yang banyak.

Tarif sewa mobil MPV untuk suatu model bisa bervariasi tergantung model atau layanan tambahan berupa sewa dengan sopir. "Misalnya Daihatsu Xenia, tarif sewa lepas kunci mulai dari Rp 375 ribu per hari. Kemudian bagi konsumen yang ingin menyewa Toyota Innova dikenakan tarif mulai dari Rp 575 ribu per hari," katanya.

Sementara itu, salah seorang konsumen, Anggia (35), mengaku tertarik menyewa mobil karena biaya yang dikeluarkan untuk mudik ke Cirebon relatif lebih murah dari menggunakan angkutan umum.

"Saya sengaja pesan dari sekarang untuk keperluan H-7 Lebaran karena akan lebih murah kalau pakai mobil sewa untuk keliling ke rumah keluarga saat hari H dari pada harus keliling naik-turun angkutan umum," katanya.

Anggia mengaku menyewa Toyota Avanza tahun rakitan 2009 seharga Rp375 ribu per hari untuk pemakaian selama tiga hari pulang kampung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement