Selasa 07 Jun 2016 18:18 WIB

Jakarta Fair 2016 Targetkan Transaksi Rp 5 Triliun

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jakarta Fair Kemayoran.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jakarta Fair Kemayoran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-489, PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemprov DKI Jakarta kembali menyelenggarakan Jakarta Fair Kemayoran 2016. Jakarta Fair Kemayoran 2016 yang akan berlangsung selama 38 hari di Arena Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Uniknya, di penyelenggaraan yang ke-49 kalinya, Jakarta Fair Kemayoran bertepatan dengan suasana musim liburan yang  berbarengan dengan Bulan Ramadhan dan Hari lebaran.

"Siklus 36 tahun sekali ini merupakan momentum yang unik.  Jakarta Fair berbarengan dengan bulan Ramadhan dan libur lebaran justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang berpartisipasi," ujar Direktur Pemasaran PT JIExpo Ralph Scheunemann dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/6).

JI Expo Tambah Shuttle dan Parkir untuk Jakarta Fair

Tema tahun ini menggunakan slogan 'Ayo Lebaran Bersama di Jakarta Fair', pihak penyelenggara berharap acara tersebut dapat menjadi destinasi alternatif bagi masyarakat yang ingin mengisi libur Lebaran selain mengunjungi objek-objek wisata. Meskipun banyak warga Jakarta yang mudik menjelang Lebaran.

"Kami tidak khawatir, karena penduduk yang mudik sekitar 30 persen, yang tertinggal di Jakarta kan jumlahnya masih sekitar lima sampai enam juta orang dari total sembilan juta orang," kata Ralph.

Selain itu, sambung dia, warga dari luar daerah yang akan mudik ke Jabodetabek akan menjadi  potensi pasar tambahan untuk ikut mendukung penyelenggaraan Jakarta Fair 2016. Event ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada saat pembukaan Jumat 10 Juni, dan akan terus dibuka hingga 17 Juli mendatang. Pihak penyelenggara menargetkan jumlah pengunjung mencapai 5 juta orang, dan diharapkan dapat membukukan total nilai transaksi sedikitnya Rp 5 triliun.

Tahun ini, Jakarta Fair akan diikuti oleh lebih dari 2.000 perusahaan  mulai dari perusahaan multinasional, BUMN, UMKM, dan anjungan pemerintah provinsi atau kabupaten dan kota di Indonesia. Melalui Jakarta Fair Kemayoran 2016 juga mengajak pelaku ekonomi di seluruh tanah air untuk semangat membangun negeri dengan peningkatan produktifitas, peningkatan kreativitas, dan terus melakukan inovasi di bidang produksi dan pemasaran.

Jakarta Fair 2016 akan dibuka setiap hari selama bulan Ramadhan mulai pukul 15.30-22.00 pada Senin sampai Jumat dan 10.00-23.00 pada Sabtu dan Ahad. Untuk masuk ke Jakarta Fair, pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu pada Senin, Rp 25 ribu pada Selasa sampai Kamis dan Rp 30 ribu pada Jumat sampai Ahad serta hari libur nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement