Jumat 03 Jun 2016 17:33 WIB

Gunung Kerinci Semburkan Asap Tebal Pascagempa Sumbar

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO -- Satu hari pascagempa berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang wilayah pesisir selatan, Sumatera Barat, Gunung Kerinci menyemburkan asap hitam tebal ke udara.

"Sejak pagi tadi Gunung Kerinci terus menyemburkan asap hitam dan hingga siang terlihat semakin tebal, sedangkan sebelum gempa asapnya tidak pernah sehitam saat ini," kata seorang warga Sangir, Indra (38) di Padang Aro, Jumat.

Ia mengatakan, sejak sebulan terakhir asap Gunung Kerinci hanya berwarna putih atau kecoklatan tetapi hari ini hitam pekat. "Kita khawatir juga melihat asap yang cukup pekat ini tetapi beruntung arahnya tidak ke Solok Selatan," ujarnya.

Sementara itu warga lainnya Hendra (41) mengatakan asap Gunung Kerinci kali ini mungkin saja karena gempa pada Kamis. "Biasanya kan tidak sehitam ini tetapi setelah gempa kemarin asap Gunung Kerinci menjadi hitam tebal," katanya.

Ia berharap pemerintah atau instansi terkait dapat memberikan informasi jika ada peningkatan aktivitas Gunung Kerinci supaya masyarakat juga bisa waspada. Hari ini Gunung Kerinci terlihat jelas dari Solok Selatan, Sumatera Barat, dan hingga siang masih terlihat semburan asap hitam dari puncak gunung.

Sekretaris Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Sumardianto menyebutkan getaran gempa bumi cukup kencang dirasakan masyarakat daerah itu pada Kamis pagi.

Kendati demikian, katanya, belum ada laporan kerusakan terkait dengan gempa yang berlokasi pada 2.29 Lintang Selatan (LS), 100.46 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 72 kilometer itu.

"Belum ada laporan kerusakan dan masyarakat kini sudah beraktivitas seperti biasa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement