Senin 30 May 2016 23:16 WIB

Bintang Tiga Paling Senior, Budi Berpeluang Gantikan Badrodin

Mabes Polri
Mabes Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti bakal pensiun pada Juli nanti. Ada beberapa perwira tinggi bintang tiga yang layak menggantikan Badrodin. Calon itu adalah Wakil Kapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Irwasum Polri Komjen Dwi Priyatno, Kepala Lemdikpol Komjen Syafruddin, dan Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian.

Wakapolri Komjen Budi Gunawan paling berpeluang kalau melihat senioritas di internal Korps Bhayangkara. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai kepala Lemdikpol. Pun beberapa petinggi PDIP mendukung mantan kepala Polda Bali tersebut.

Pengamat hukum tata negara Margarito Kamis menyatakan, Budi Gunawan bisa menggantikan Badrodin, karena sudah tak ada persoalaan. Menurut dia, kasus yang sempat dipersoalkan terhadap saat pergantian Kapolri sebelumnya juga tidak bisa dijadikan alasan lagi. 

"Kasus kemarin tidak bisa dijadikan alasan atau hambatan untuk Pak Budi jika disodorkan menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi," kata Margarito saat dihubungi wartawan, Senin (30/5).

Kendati begitu, Margarito menyerahkan masalah itu kepada Presiden Joko Widodo yang memilik hak prerogatif untuk menentukan Trunojoyo 1. "Ini kembali ke Pak Presiden Jokowi. Siapa yang dikehendaki atau akan disodorkan ke DPR sebagai pengganti Pak Badrodin Haiti," katanya.

Bagi dia, siapapun yang dipilih untuk menjadi Kapolri adalah memenuhi syarat dan sesuai hukum. "Semua yang penting yang disodorkan memenuhi syarat sesuai hukum," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement