Senin 30 May 2016 18:10 WIB

Wiranto: Pajak Bentuk Kemandirian Ekonomi

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Karta Raharja Ucu
Wiranto
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Wiranto

REPUBLIKA.CO.ID, ‎JAKARTA -- Kesadaran masyarakat membayar pajak merupakan bentuk dukungan mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi. Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mengatakan hal tersebut tertuang dalam semangat Trisakti.

"Pajak ini adalah bentuk kemandirian ekonomi. Lebih dari separuh pemasukan negara berasal dari pajak yang dibayarkan warganya," ujarnya usai menerima penghargaan dari Dirjen Pajak sebagai taat pajak serta pembayar pajak terbesar di Kantor Wilayah Pajak Jakarta Timur, Senin (30/5).

Namun, kemandirian ekonomi tersebut sulit terwujud apabila kalau kesadaran masyarakat rendah. Membayar pajak bisa dikatakan pula sebagai bentuk perjuangan membangun bangsa Indonesia.

Wiranto mengatakan di zaman dulu, warga negara Indonesia mengangkat senjata untuk membangun bangsa. Namun kini caranya berubah. Dengan sadar membayar pajak, itu sudah merupakan perjuangan yang sangat berharga untuk menciptkan kemandirian ekonomi.

Wiranto berharap penghargaan yang ia dapat hari ini bisa menjadi contoh agar menularkan kesadaran warga membayar pajak untuk kepentingan bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto memberikan poin-poin yang harus diperhatikan Dirjen Pajak. Yakni mendorong terciptanya perundang-undangan yang bisa dengan mudah diaplikasikan pada masarakat, serta membangunkan kesadaran dimasyarakat bila membayar pajak bukanlah paksaan.

"Yang terpenting lagi. Kawan-kawan diperpajakan juga harus membenahi diri agar ada trust di masyarakat bila pajak yang dibayarkan untuk kepentingan masyarakat," kata dia.

Wiranto pun mendukung lahirnya UU Tax Amnesty. Pasalnya hal tersebut mampu meningkatkan pajak negara. "Saya kira sebagai ketua Umum partai Hanura saya sangat mendukung lahirnya Tax Amnesty. Ini demi kebaikan bangsa Indonesia agar terciptanya kemandirian ekonomi," ujar Wiranto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement