Jumat 27 May 2016 13:09 WIB

Jokowi Bakal Lakukan Napak Tilas Perjuangan Bung Karno

Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo akan melakukan napak tilas perjuangan Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno di Bandung, Jawa Barat. Napak tilas akan dilakukan Jokowi dengan berjalan kaki dari Gedung Merdeka menuju Lapas Banceuy, tempat Bung Karno pernah dipenjara.

Dikutip dari halaman resmi pemerintah setkab.go.id tersebut akan dilakukan Presiden pada 1 Juni mendatang. Rencananya, Presiden akan berjalan dari Gedung Merdeka menuju Penjara Banceuy bersama dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Napak tilas tersebut dilakukan untuk memeringati peristiwa sejarah 1 Juni 1945 ketika Bung Karno memberikan pidatonya di depan Badan Penyelidik Persiapan Kemerdekaan. Pidato yang dibawakan Sukarno pada saat itu berisi tentang dasar-dasar negara yang kemudian disebut Pancasila. Sejak saat itu, 1 Juni diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Lahir Pancasila.

Adapun Lapas Banceuy sendiri merupakan penjara yang dibangun Belanda pada tahun 1877. Sejarah mencatat bahwa pada 26 Desember 1929, Bung Karno beserta sejumlah pejuang lainnya, yakni Maskoen, Soepriadinata dan Gatot Mangkoepraja ditangkap Belanda di Yogyakarta dan dijebloskan ke Penjara Banceuy, Bandung selama delapan bulan.  Di penjara inilah, Bung Karno kemudian menyusun pledoi yang sangat terkenal berjudul “Indonesia Menggugat”.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement