Rabu 25 May 2016 11:35 WIB

Megawati: 2019 Lahir Generasi Baru di Ranah Politik

Megawati
Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung. Pada orasi ilmiahnya berjudul "Bernegara Dengan Satu Keyakinan Ideologi", Megawati menyakini di tahun 2019 akan muncul generasi baru dalam dunia politik.

"Tahun 2019 saya meyakini akan lahir generasi baru, termasuk ranah politik," katanya, Rabu (25/5).

Ia pun meminta agar generasi muda jangan sekali-kali menganggap sejarah sebagai barang rongsokan. Apalagi menjadi generasi yang tidak tahu sejarah bangsanya sendiri.

"Tidak dapat saya bayangkan dampaknya, apabila generasi muda yang menjadi penentu masa depan bangsa adalah generasi muda yang ahistoris," kata dia.

Menurut dia, sejarah adalah harta karun yang begitu berharga dan hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak untuk terus melakukan penggalian kebenaran sejarah bangsa ini.

"Mempelajari sejarah bukan berarti sekedar mengingat peristiwa atau periodisasi dalam sejarah. Bukan itu, mempelajari sejarah adalah memahami tentang pemikiran, nilai, keyakinan dan keseluruhan dialetika yang terjadi di setiap peristiwa penting di masa lalau atas dasar keberan sejarah," kata dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement