Rabu 25 May 2016 11:29 WIB

Megawati Sapa Kawan Sekampus Saat Terima Gelar Doktor HC

Megawati
Foto: Edwin/Republika
Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menyapa rekannya saat berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) angkatan 1965, yakni Iwan Abdulrachman saat menyampaikan orasi ilmiahnya dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa.

"Saya ingin menyapa teman saya waktu kuliah di Unpad, namanya Iwan Abdulrachman. Dia itu teman saya yang suka membantu saya naik sepeda karena dulu rumah saya letaknya di daerah atas Bandung," kata Megawati di Grha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran Kota Bandung, Rabu (25/5).

Dengan nada bercanda, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan mengatakan alasan Iwan Abdulrachman mau membantunya karena menginginkan imbalan berupa makanan.

"Rupanya Iwan itu sering bantu saya karena ingin imbalan makan saja. Tapi memang dia itu sampai sekarang bahkan suka (hobi) makan," kata Megawati.

Iwan yang akrab disapa "Abah Iwan" merupakan aktivis Pencinta Lingkungan Wanadri dan dia juga seorang seniman yang mencipta lagu-lagu yang dipopulerkan oleh Bimbo. Beberapa lagu Iwan yang terkenal di antaranya "Melati dari Jaya Giri" dan "Flamboyan".

Pada orasi ilmiahnya berjudul "Bernegara Dengan Satu Keyakinan Ideologi", Megawati berpesan agar kaum muda jangan sekali-kali menganggap sejarah sebagai barang rongsokan.

"Tahun 2019 saya meyakini akan lahir generasi baru, termasuk ranah politik. Tidak dapat saya bayangkan dampaknya, apabila generasi muda yang menjadi penentu masa depan bangsa adalah generasi muda yang ahistoris," kata dia. 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement