Ahad 22 May 2016 20:18 WIB

Sambut Ramadhan, Sukabumi Gelar Donor Darah Serentak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
Labu Darah
Foto: antara
Labu Darah

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kabupaten Sukabumi menjadi satu lokasi acara gerakan donor darah yang serentak dilakukan pada Ahad (22/5). Kegiatan tersebut merupakan acara yang digagas sebuah perusahaan minuman energi dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Di Kabupaten Sukabumi, kegiatan donor darah ini dilakukan di Gelanggang Pemuda Cisaat, Sukabumi. Serangkaian kegiatan yang bertajuk aksi kemanusian ini mengambil tema ‘Laki donor untuk sesama’.

Kepala Markas PMI Kabupaten Sukabumi Budiharto mengatakan, kegiatan donor darah ini sangat membantu bagi ketersediaan stok labu darah di PMI. "Jelas sangat membantu terutama menghadapi momen bulan puasa," ujar dia kepada wartawan.

Biasanya pada momen bulan puasa jumlah pendonor mengalami penurunan. Sementara di sisi lain jumlah permintaan labu darah untuk pengobatan masih tetap.

Data PMI Sukabumi menyebutkan, dalam satu tahun jumlah kebutuhan labu darah di Sukabumi mencapai sekitar 14.100 labu. Bila dirata-ratakan jumlah kebutuhan per bulannya sebanyak 800 hingga 1.200 kantong darah.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana menambahkan, target pengumpulan donor darah pada acara ini mencapai 300 labu darah. Target ini optimistis dapat tercapai.

Panitia gerakan donor darah Valerian Kalista mengatakan, acara ini dilakukan untuk mengajak kepedulian masyarakat khususnya para anak muda Sukabumi untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup anak muda modern. Targetnya, pendonor baik pemula maupun aktif dapat secara bersama-sama mendukung acara kemanusiaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement