Senin 16 May 2016 23:25 WIB

Kemendikbud Buka 150 Kesempatan Belajar Bersama Maestro Seni

Rep: C36/ Red: Ilham
Aksi seorang seniman
Foto: Antara/Dewi Fajriani
Aksi seorang seniman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka 150 kesempatan untuk siswa SMA dan SMK yang ingin belajar dengan para maestro seni Indonesia. Pendaftaran dibuka hingga 15 Juni mendatang.

Direktur Kesenian Ditjen Kesenian Kemendikbud, Endang Caturwati mengatakan, ada beberapa tahap dalam seleksi siswa yang akan mengikuti program Belajar Bersama Maestro (BBM). Program BBM diperuntukkan bagi siswa kelas X dan kelas XI.

"Akan ada tahap penjaringan peserta, seleksi tahap I dan seleksi tahap II. Tujuan program ini adalah memberikan pembelajaran secara langsung terkait proses menjadi maestro dari para pelaku seni kepada siswa," jelas Endang kepada awak media di Jakarta, Senin (16/5).

Proses seleksi dimulai sejak 20 April - 15 Juni (penjaringan peserta). Seleksi tahap I dilaksanakan sejak 16-21 Juni. Seleksi tahap II berlangsung 22-28 Juni.

Adapun pengumuman para peserta yang lolos seleksi diwacanakan pada 30 Juni 2016. Menurut Endang, informasi lengkap pendaftaran peserta BBM dapat dilihat pada laman www.bbm.kemdikbud.go.id.

Sebanyak 10 maestro seni dipilih untuk menjadi pengampu program BBM. Pelaku seni yang terlibat berasal dari seni musik, seni pertunjukan, seni tari, musik keroncong dan seni rupa.

Nama-nama besar yang terlibat sebagai pengampu BBM 2016 antara lain Sundari Soekotjo (musik keroncong), Nano Riantiarno (teater dan pertunjukan), Djaduk Ferianto (seni musik) dan Ni Ketut Arini (seni tari).

"Mereka merupakan para maestro aset Indonesia yang lekat dengan seni tradisi maupun seni kontemporer Indonesia. Kami harap ada transfer ilmu kepada generasi penerus seni Indonesia," kata Endang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement