Sabtu 14 May 2016 07:06 WIB

Amien Rais Jadikan Gus Dur Contoh Bersatunya Umat Islam

Rep: c25/ Red: Teguh Firmansyah
Amien Rais
Foto: Antara/Agus Bebeng
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesuksesan Abdurrahman Wahid menjadi Presiden Indonesia memang luar biasa. Bahkan, kesuksesan itu dianggap contoh bersatunya umat Islam di Indonesia.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, tanpa ragu menyebutkan nama Gus Dur sebagai contoh nyata dari suksesnya umat Islam di Indonesia, mengantarkan seorang santri menjadi presiden.

Ia menekankan, kesuksesan itu merupakan bukti nyata besarnya kekuatan yang dimiliki umat Islam di Indonesia, apabila mau untuk bersatu. "Gus Dur jadi presiden itu beyond our imagination, itu terjadi karena kita united," kata mantan Ketua PP Muhammadiyah, Jum'at (13/5).

Hal itu disampaikan Amien saat menjadi salah satu narasumber dalam Pengajian Bulanan PP Muhammadiyah yang digelar di Pusat Dakwah Muhammadiyah dengan tema 18 Tahun Reformasi. Bahkan, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu mengaku bermimpi kalau umat Islam di Indonesia mau bersatu, tidak ada bangsa di dunia yang bisa mengalahkan.

Ia menuturkan kalau momen terpilihnya Gus Dur, merupakan pertama kalinya orang-orang melakukan shalat, sujud syukur dan takbir di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Amien menjelaskan, kejadian itu seharusnya dijadikan pelajaran bagi umat Islam, serta pengingat bahayanya Indonesia kalau umat Islam terpecah dan tidak mau bersatu.

Amien menambahkan, umat Islam harus melihat negara-negara Islam dari Maroko sampai Merauke, dan tinggal beberapa saja yang belum diobrak-abrik pihak asing.  Maka itu, ia mengingatkan umat Islam untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah terjadi.

Baca juga, Ahok Dinilai Berlebihan Tanggapi Kritik dari Amien Rais.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement