Sabtu 14 May 2016 06:39 WIB

3.500 Ha Sawah di Cirebon Diasuransikan

Lahan persawahan
Foto: Republika
Lahan persawahan

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sawah seluas 3.500 hektare (ha) di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diasuransikan khususnya lahan tanaman padi yang sering mengalami puso atau gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon Ali Effendi, mengatakan persawahan seluas 3.500 ha yang diasuransikan, merupakan upaya pemerintah untuk menekan kerugian para petani.

"Dari Kementerian Pertanian kami mendapatkan asuransi untuk persawahan dan ini merupakan langkah yang baik," kata Ali  di Cirebon, Jumat (13/5).

Menurutnya luas sawah itu sudah ditentukan dari pusat, di mana Cirebon adalah salah satu lumbung padi di kawasan Jawa Barat. Pada musim kemarau biasanya para petani mengalami gagal panen yang membuat mereka merugi.

Untuk itu, tuturnya, asuransi pertanian sangat membantu bagi para petani guna melakukan cocok tanam. "Itu jelas sangat membantu para petani dan yang penting mereka bisa bercocok tanam lagi tanpa berhutang," tuturnya.

Ia menambahkan asuransi itu bisa diklaim oleh petani yang mengalami gagal panen, baik musim hujan dengan terendamnya tanaman padi maupun kerugian akibat kemarau. "Per hektare petani akan mendapatkan klaim sebesar Rp 6 juta," tambahnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement