Jumat 13 May 2016 22:11 WIB

17.659 Siswa SD/MI di Purwakarta Siap Ikuti US

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hazliansyah
Anak sekolah dasar
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Anak sekolah dasar

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Sebanyak 17.659 siswa SD/MI di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat akan mengikuti ujian sekolah (US) yang diselenggarakan mulai Senin (15/5) sampai Rabu (18/5). Saat ini, Dinas Pendidikan setempat telah menerima 1.084 amplop berisi soal US. Soal tersebut disimpan di sekolah yang jadi rayon pendistribusian soal.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Purwakarta, Rasmita Nunung Sanusi, mengatakan, soal dari provinsi untuk Purwakarta sudah dikirim sejak Kamis malam (11/5). Soal disimpan di SDN I Nagri Kidul, sebagai rayon pendistribusian soal.

"Pagi ini, soal tersebut telah didistribusikan ke masing-masing UPTD di tingkat kecamatan," ujar Rasmita, kepada Republika.co.id, Jumat (12/5).

Pendistribusian soal ini dipercepat. Mengingat ada sejumlah SD yang lokasinya terpencil. Sehingga, dengan adanya soal di tingkat UPTD, dinilai bisa memudahkan pendistribusian.

Jumlah SD yang mengikuti US sebanyak 390 unit. Sedangkan, MI yang ikut US 39 unit. Dari jumlah tersebut, ada tujuh SD yang masuk dalam kategori sekolah terpencil.

Tujuh SD itu tersebar di tiga kecamatan. Yakni empat SD di Kecamatan Sukasari, dua SD di Kecamatan Maniis, serta satu SD di Kecamatan Tegalwaru.

"Makanya, distribusi dipercepat. Supaya saat pelaksanaan nanti tidak ada kendala. Karena, sejak hari ini soal sudah di masing-masing UPTD," ujar Rasmita.

Untuk menjaga keamanan soal, pihaknya telah bekerja sama dengan aparat Polsek setempat dan dijaga selama 24 jam. Dengan penjagaan yang ketat ini, maka dijamin tidak ada kebocoran soal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement