Ahad 08 May 2016 11:25 WIB

Polisi Kawal Pengiriman Naskah UN ke Pulau Seribu

Rep: C39/ Red: M Akbar
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Petugas mengelompokkan sampul dan naskah Ujian Nasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP di DKI Jakarta khusus untuk siswa di Kepulauan Seribu sudah didistribusikan pada Ahad (7/5) pagi tadi Pukul 05.00 WIB. Untuk mengantisipasi kebocoran soal, naskah tersebut dikawal oleh pihak kepolisian dan aparat pemerintahan terkait.

"Saya tadi jam lima pagi sudah ke Pelabuhan Marina Ancol. Naskah UN SMP sudah didistribusikan dan langsung dikawal Kapolres Kepulauan Seribu," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik ) DKI Jakarta, Sopan Adrianto saat dikonfirmasi.

Sopan mengatakan, UN SMP atau MTS di Kepulauan Seribu akan diikuti oleh 505 siswa yang bersekolah di 7 SMP dan 1 MTS. Merek akan mengikuti UN tersebut dari Senin (9/5) besok sampai Kamis (12/5). " Di sana (Kepulauan Seribu) tidak ada yang pakai UNBK, pakai kertas semua," ucap Sopan.

Sopan menjelaskan bahwa setelah sampai ke Kepulauan Seribu, dokumen soal tersebut akan disimpan di pos polisi masing-masing pulau terlebih dahulu, sehingga tidak ada kebocoran soal. Besok Senin baru akan dibagi-bagikan ke sekolah-sekolah.

"Kalau tujuan pertamanya, kapalnya tadi akan ke Pulau Untung Jawa dulu," ujarnya.

Setelah didistribusikan ke Pulau Untung, kapal pembawa naskah tersebut baru berlanjut ke Pulau Lancang untuk membagikan soal. Selanjutnya ke Pulau Pari, ke Pulau Tidung,  ke Pulau Kelapa dan ke Pulau Pramuka.

"Mudah-mudahan besok UN di DKI bisa terlaksana dengan kejujuran dan integritas," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement