REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang KRL Commuter Line mengalami peningkatan hingga 15 persen saat libur panjang awal Mei 2016. PT KAI Commuter Line Jabodetabek (KCJ) mencatat jumlah penumpang mencapai hingga 700 ribu per hari.
Lonjakan penumpang KRL terjadi di sejumlah stasiun besar seperti Stasiun Bogor, Stasiun Jakarta Kota dan Tanah Abang. Stasiun-stasiun tersebut menjadi destinasi favorit lantaran lokasinya yang berdekatan dengan kawasan wisata dan perniagaan.
"Normalnya jumlah pengguna jasa KRL pada akhir pekan berkisar 600-630 ribu perhari, namun libur panjang kali ini jumlah penumpang pada tanggal 5 dan 6 Mei 2016 kemarin meningkat hingga 700 ribu penumpang per hari," kata Humas PT KCJ Eva Chairunnisa, Sabtu (7/5).
Sebagai contoh Stasiun Tanah Abang. Pada hari libur normal rata-rata penumpang hanya berkisar 44 ribu per hari. Namun pada 5 dan 6 Mei 2016 kemarin penumpang meningkat hingga 67 ribu per hari.
PT KCJ juga sempat memberlakukan sistem buka tutup di Stasiun tersebut untuk flow penumpang yang akan menuju loket dan peron agar tetap kondusif. Menyikapi lonjakan penumpang tersebut, PT KCJ juga melakukan penambahan personil hingga 2-3 kali lipat dari jumlah normal.
Mereka disebar menjadi petugas pengamanan, kebersihan, dan petugas pelayanan penumpang dan ditempatkan di passanger service stasiun.
Di Stasiun Bogor, misalnya, jika pada hari biasa ditempatkan sekitar 14 petugas pengamanan maka pada musim libur kali ini PT KCJ menempatkan hingga 40 petugas pengamanan.
"PT. KCJ juga menggulirkan sejumlah imbauan dan informasi terkait tata tertib serta ketentuan menggunakan fasilitas kereta oleh petugas announcer Stasiun dan Petugas Pelayanan KRL (PPK) di dalam rangkaian," jelasnya.
Hal tersebut mengingat pada musim liburan mayoritas penumpang merupakan masyarakat yang tidak setiap hari menggunakan KRL.
Pengguna jasa dihimbau untuk berhati-hati terhadap barang bawaan berharganya serta segera melaporkan kepada petugas apabila ada hal-hal yang mencurigakan.
Penumpang juga dihimbau untuk tetap menjaga keselamatan dan keamanannya dengan tidak terburu-buru saat akan naik dan turun krl serta mendahulukan penumpang turun terlebih dahulu.
Bagi penumpang yang membawa anak kecil, PT KCJ juga menghimbau agar tidak melepas perhatiannya dari anak dan selalu dalam pengawasan. PT KCJ juga meminta seluruh pengguna jasa ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang baik di dalam krl dan stasiun.