Kamis 05 May 2016 14:20 WIB

Wapres Dorong Pemda Kelola Potensi Tarik Investor

Jusuf Kalla
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong pemerintah daerah mengelola potensi yang ada dan membuat kebijakan yang bagus sehingga menjadikan daerah tersebut menarik bagi investor asing. Dengan adanya investasi di daerah tersebut, maka lapangan pekerjaan akan terbuka bagi masyarakat sekitar dan hasil produksi di daerah tersebut dapat meningkat.

"Suatu kemakmuran hanya akan terjadi apabila ada hal yang sangat penting, yaitu lapangan kerja dan peningkatan hasil. Dan semuanya itu hanya dapat dihasilkan oleh teknologi yang dikerjakan dengan investasi modal yang baik. Oleh karena itulah, maka daerah-daerah harus menarik," kata Wapres Kalla usai menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (5/5).

Menjadikan suatu daerah menarik, lanjut Wapres, memerlukan usaha dan kerja keras dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk menghasilkan produk-produk daerah yang berkualitas. Saat ini, banyak daerah sudah mulai berdikari untuk menonjolkan berbagai potensi daerah mereka guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

"Daerah harus menjadi menarik karena adanya persaingan hari ini yang sangat luas, bersaing antara daerah satu dengan yang lain, provinsi satu dengan yang lain, malah bersaing antarkabupaten, dalam negara, apalagi di ASEAN ini," jelasnya.

Menurut Wapres Kalla, daya tarik suatu wilayah dapat dipertahankan hanya jika ada kemakmuran yang dicapai melalui peningkatan produksi dari daerah itu sendiri.

"Lahan tidak mungkin bertambah, karena begitu bertambah berarti membabat hutan. Begitu membabat hutan, maka timbul kekeringan. Begitu ada kekeringan, maka orang tetap akan pindah lagi ke daerah lain. Jadi itu semua merupakan suatu hal yang berkaitan," katanya.

Selain peningkatan produksi dari daerah, Wapres juga berharap pemerintah daerah dapat membangun industri lokal yang tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat daerahnya. Menurut dia, ketersediaan lahan untuk industri dapat memberikan lapangan kerja bagi ratusan masyarakat sekitar sehingga dengan adanya investasi di daerah tersebut maka pembangunannya dapat berjalan dengan baik.

"Karena itulah maka, dimana pun industri berada, apakah lama atau baru, itu harus ditingkatkan dan itulah investasi yang dibutuhkan di daerah-daerah," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement