Sabtu 30 Apr 2016 01:11 WIB

Dishub Bekasi Harap Rute Transjakarta Diperluas‎

Rep: c38/ Red: Ani Nursalikah
Warga menunggu bus TransJakarta di halte Tol Barat 2, Bekasi, Jabar, Senin (25/4). (Republika/ Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Warga menunggu bus TransJakarta di halte Tol Barat 2, Bekasi, Jabar, Senin (25/4). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, berharap rute-rute armada bus Transjakarta dapat diperluas di wilayah Kota Bekasi. Operasional Transjakarta di Kota Bekasi saat ini menangani tiga rute, meliputi Bekasi Timur, Bekasi Barat, dan Harapan Indah.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan animo masyarakat Bekasi untuk menggunakan Transjakarta sangat tinggi. Jumlah penumpang Transjakarta per hari mencapai 1.600-1.800 orang. "Kita akan evaluasi pelayanannya dan sarana prasarana yang dirasa kurang. Bisa enggak ke depan ada penambahan jalur," kata Yayan kepada Republika.co.id, Jumat (29/4).

Senin (25/4), Transjakarta mulai beroperasi di Kota Bekasi dengan melayani tiga koridor menuju Tanjung Priok, Grogol, dan Bundaran HI. Yayan berharap armada Transjakarta dapat dikembangkan ke rute-rute lain yang potensial. Namun, ia lekas menambahkan, Dishub akan melihat penerimaan masyarakat Bekasi terhadap Transjakarta sampai beberapa waktu ke depan.

Menurut Yayan, keberadaan Transjakarta di Kota Bekasi sangat memberi manfaat bagi warga Bekasi, khususnya yang bekerja di ibukota. Setiap hari ribuan warga Bekasi melakukan perjalanan pulang pergi ke Jakarta. Dengan adanya Transjakarta, mereka dapat beralih ke moda transportasi yang murah, aman, dan nyaman, alih-alih mengendarai kendaraan pribadi.

Yayan mengatakan, perluasan rute Transjakarta juga berpotensi mengurangi beban jalan. Warga yang selama ini memakai sepeda motor atau mobil, dapat mengambil alternatif Transjakarta.

"Mungkin nanti kita akan coba ke Summarecon, Kemang, Grand Galaxy Park, bisa warga Jatiasih ke situ, kalau memungkinkan bisa juga wilayah Bantargebang, Cibubur, Jatisampurna," kata Yayan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement