Jumat 29 Apr 2016 17:50 WIB

Bawahan Tersangkut Narkoba, Kapolres Pelabuhan Belawan Dimutasi

polisi
Foto: istimewa
polisi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Edy Suwandono, atasan AKP Ichwan Lubis yang ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) dimutasi. Edy masuk dalam daftar mutasi perwira menengah yang dilakukan Polri secara besar-besaran.

Dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/1062/IV/2016 tertanggal 28 April 2016, Edy Suwandono diangkat menjadi Wadir Reskrimsus Polda Kepulauan Riau. Posisinya akan diisi AKBP Tri Setyadi Artono yang sebelumnya menjabat Koorsprim Polda Sumut.

Terkait mutasi ini, Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, hal itu adalah biasa. Ia pun menegaskan, perpindahan Edy tersebut tidak berhubungan sama sekali dengan kasus yang menimpa anak buahnya, AKP Ichwan Lubis yang sebelum dicokok BNN dan dicopot merupakan Kasat Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan.

"Mutasi tersebut tidak ada kaitan sama sekali dengan kasus itu. Ini adalah hal yang biasa di tubuh Polri, untuk penyegaran organisasi," kata MP Nainggolan, Jumat (29/4).

(Baca juga: BNN Didesak Miskinkan Kasat Narkoba Polres Belawan)

MP Nainggolan menambahkan, kasus AKP Ichwan adalah persoalan pribadi dan tidak terkait dengan Polres Pelabuhan Belawan. Ia pun meminta mutasi terhadap AKBP Edy Suwandono tidak lagi dikait-kaitkan dengan kasus tersebut.

"Kasus itu adalah kasus pribadi, tidak ada kaitannya," ujarnya.

Dalam surat telegram Kapolri tersebut, selain Edy, sejumlah perwira menengah Polda Sumut juga ikut dimutasi. Beberapa di antaranya, yakni Kabid Humas Polda Sumut Kombes Helfi Assegaf yang akan dimutasi menjadi Karorena Polda Kalbar. Posisi Helfi akan digantikan oleh AKBP Rina Ginting yang sebelumnya menjabat Kabag RBP Rorrna Polda Sumut.

Selain itu, posisi Direktur Reskrimsus, Direktur Resnarkoba, Direktur Intelkam, Direktur Polisi Perairan, Direktur Lantas, Karorena, Karoops dan Kabid TI, Wadir Res Narkoba, Wadir Polair, dan Wakasat Brimob Polda Sumut juga berganti. Sejumlah Kapolres pun ikut dimutasi, yakni Kapolres Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat, Binjai, Tebing Tinggi, Batubara, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Samosir, Humbang Hasundutan, dan Nias Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement