Jumat 29 Apr 2016 16:13 WIB

Tol Bawen-Salatiga Diharap Bisa Digunakan Mudik Lebaran

 Arus lalulintas menuju Jakarta di ruas tol Semarang- Bawen tampak padat merayap, Sabtu (2/8). (Republika/Bowo Pribadi)
Arus lalulintas menuju Jakarta di ruas tol Semarang- Bawen tampak padat merayap, Sabtu (2/8). (Republika/Bowo Pribadi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga diharapkan bisa digunakan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2016 guna mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Pemerintah pusat memberikan 'warning' untuk dipercepat jalan tol Bawen-Salatiga agar bisa diugunakan untuk arus mudik dan arus balik pada tahun ini," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso di Semarang, Jumat (.

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol Bawen-Salatiga, ia menilai perlu ada koordinasi lintas sektoral oleh pihak terkait.

Menurut dia, salah satu masalah krusial pembangunan jalan tol saat ini adalah masih ada kendala masalah tanah dan material untuk bahan urukan.

"Saat kunjungan kerja beberapa waktu lalu, kami menemukan beberapa hal yang perlu diselesaikan secepatnya yakni masalah untuk bahan urukan dan 17 bidang sertifikat tanah yang belum juga selesai pembebasannya," ujarnya.

Selain itu, upaya percepatan penyelesaian pembangunan jalan tol Bawen-Salatiga yang bisa dilakukan Pemprov Jateng adalah adanya kebijakan dari menteri atau kepala daerah setempat.

Direktur Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ari Iriyanto menyatakan bahwa jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga akan mulai dioperasikan pada 2016 sesuai dengan target pembangunan.

"Jalan tol Bawen-Salatiga ditargetkan sudah bisa dioperasikan secara nonkomersial atau dilalui kendaraan pada arus mudik Lebaran 2016," katanya.

Pembangunan jalan tol Bawen-Salatiga dibagi menjadi beberapa paket pengerjaan yakni paket Bawen-Polosiri sepanjang 3,49 km, paket Polosiri-Sidorejo sepanjang 6,8 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 4,3 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 0,8 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 1,0 km, dan paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 1,2 km.

Setelah pembangunan fisik jalan tol Bawen-Salatiga selesai akan dilanjutkan pembangunan jalan tol seksi IV untuk ruas Salatiga-Boyolali sepanjang 24,13 km dan seksi V untuk ruas Boyolali-Kartosuro sepanjang 72,64 km.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement