Selasa 26 Apr 2016 17:06 WIB

165 Lampu LED Dipasang di Tengah Kota Bogor

Rep: c32/ Red: Dwi Murdaningsih
Lampu LED
Lampu LED

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berkomitmen mengurangi emisi gas buang untuk mengurangi pemanasan global. Sebagai salah satu bentuk nyata, Pemkot Bogor memasang 165 lampu LED.

 

“Lampu untuk penerangan jalan umum (PJU) sengaja ditempatkan di tengah kota yang dekat dengan Kebun Raya Bogor (KRB),” kata Kepala Seksi Pembangunan PJU dan Dekorasi Kota Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor Feby Darmawan, Selasa (26/4).

 

Dia menjelaskan, lampu bekas dari PJU yang sudah diganti LED akan dialihkan ke beberapa ruas jalan di sisi Kota Bogor. Secara bertahap, kata Feby, Pemkot Bogor akan mengonversi semua lampu PJU konvesional menjadi lampu LED hingga mencapai 31 ribu pada 2031.

 

Lampu tersebut merupakan bantuan dari Organisasi International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI). “Pemasangan lampu lainnya sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Lampu LED dengan daya 125 Watt ini jauh lebih hemat dan ramah lingkungan dibanding lampu konvensional yang berdaya 250 Watt,” ujar Project Officer ICLEI Selamet Daroini.

 

Selain itu, lanjut Selamet, lampu LED juga lebih tahan lama karena bisa menyala selama 50 ribu jam atau sekitar 15 tahun. Menurutnya, setelah berumur 15 tahun maka lampu tetap menyala namun terangnya hanya 70 persen saja.

 

Dia menyatakan, pemasangan 165 lampu LED disebar di beberapa ruas jalan pusat Kota Bogor. Seperti Jalan Halimun dan Jalan Pangrango sebanyak 19 buah, Jalan Otista 25 buah, Jalan Pahlawan 51 buah, Jalan Empang delapan buah, Jalan Paledang 22 buah, Jalan Kapten Muslihat 17 buah, Jalan Kantor Batu tujuh buah, dan Jalan Salak 16 buah.

“Total biaya semua lampu Rp 1,3 miliar yang merupakan dana bantuan ICLEI bagi Kota Bogor,” kata Selamet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement