Senin 25 Apr 2016 17:14 WIB

RZ Kampanye Diet Plastik di Peringatan Hari Bumi

RZ Kampanye Diet Plastik di Malang pada Peringatan Hari Bumi
RZ Kampanye Diet Plastik di Malang pada Peringatan Hari Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Rumah Zakat (RZ) cabang Malang melakukan kampanye ‘Diet Plastik’ di lokasi Care Free Day Jl. Ijen, Malang. Kampanye ini merupakan salah satu bentuk kegiatan memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, untuk mengajak masyarakat mengurangi penggunaan kantong plastik.

Hari Bumi dicanangkan setiap tahun dan diperingati secara internasional sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet bumi yang ditinggali manusia. “Indonesia menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di lautan setelah Cina. Sampah plastik memiliki dampak panjang pada lingkungan yang berimbas pada kesehatan. Sehingga sangat penting untuk melakukan sosialisasi cerdas penanganan sampah plastik kepada masyarakat,” papar Dany, Koordinator Relawan RZ cabang Malang dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (25/4).

Aksi dimulai dengan long march di sekitar kawasan Jl. Ijen untuk mensosialisasikan ‘Diet Plastik, lalu dilanjutdengan membagikan 500 buah tote bag gratis. Setelah itu dilakukan penukaran botol plastik dengan tumblr murah, serta pos siaga sehat untuk cek kesehatan gratis.

Peringatan Hari Bumi ini diselenggarakan atas sinergi RZ dengan BEM FPUB (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya), Himpunan Teknik Lingkungan ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang, Komunitas Malang Green Preneur serta Komunitas Tergerak. “Dengan adanya sinergi ini, kami berharap masyarakat membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Semoga bisa menjadi gaya hidup sehari-hari,” tutur Dany.

Dany juga menambahkan bahwa salah satu cara untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yakni dengan membiasakan membawa botol minum pribadi. “Belum terlambat untuk menyelamatkan bumi. Mari dukung gerakan Diet Plastik untuk mengurangi penyebaran sampah plastik dan mendukung gaya hidup sehat,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement