Ahad 24 Apr 2016 22:44 WIB

Pengendara Terpaksa Pikul Motor Lewati Banjir

Banjir
Foto: Dok: PKPU
Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Ratusan kendaraan roda dua atau motor terpaksa dipikul akibat banjir kiriman di Dusun Bukit Harapan Desa Lariang, Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat, yang terjadi sejak sepekan terakhir di wilayah itu.

"Banjir luapan sungai Lariang kian meluas hingga menutup jalan trans sulawesi. Para pengguna jalan yang melintasi daerah itu terpaksa kendaraannya dipikul oleh warga lantaran air telah mencapai satu meter," kata Eta salah seorang pengguna jalan yang terjebak banjir kiriman sungai Lariang Matra, Ahad.

Pemilik motor juga harus rela merogoh kocek sebesar dua puluh ribu rupiah untuk satu kali menyeberang, sementara warga sekitar yang rumahnya terendam banjir sejak sepekan memilih jadi buruh pikul kendaraan dengan bayaran dua puluh ribu dari pemilik motor untuk satu kali menyeberang.

"Kami harus rela merogoh kocek untuk membayar jasa pikul kendaraan motor agar bisa keluar dari jebakan bencana banjir," katanya.

Bencana banjir ini juga mengakibatkan pemukiman dan areal perkebunan warga menjadi terendam banjir kiriman yang terjadi di daerah hulu sungai atau wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Sementara ratusan kendaraan roda empat dan truk yang antre dilokasi banjir harus lewat satu persatu secara bergantian agar kemacetan bisa terurai. Namun tidak sedikit kendaraan yang menerobos banjir mogok di tengah derasnya arus air luapan sungai Lariang.

"Lahan kebun kami juga ikut terendam banjir. Kondisi ini tentu memberatkan ekonomi kami karena hanya bergantung dari pendapatan hasil pertanian," jelas Aqmal yang juga warga setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement