Jumat 22 Apr 2016 13:18 WIB

Menpan RB: Wujudkan Pemerintahan Kelas Dunia 2025

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan sasaran pembangunan aparatur negara bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan berkelas dunia pada 2025.

"Seluruh jajaran aparatur negara harus bersinergi mewujudkan sasaran pembangunan ini sehingga pemerintahan berkelas dunia terwujud," kata Menteri Yuddy saat meninjau pelayanan publik di Rumah Sakit M Yunus, Kota Bengkulu, Jumat (22/4).

Menurut Yuddy, tiga sasaran pembangunan bidang aparatur negara yakni birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mewujudkan hal itu menurut dia dimulai dari pemerintahan daerah dari jenjang dasar untuk lebih merakyat dan memberikan pelayanan publik yang baik.

"Aparatur adalah pelayanan masyarakat karena itu harus sering turun ke bawah untuk memastikan layanan bagi masyarakat baik termasuk kepala daerah baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota menurut Menteri harus lebih merakyat sehingga pengawasan berjenjang dapat terlaksana," katanya.

Kondisi saat ini tambah dia, laporan kinerja sejumlah pemerintahan daerah belum membaik, termasuk di Bengkulu sebab masih ada pemerintah daerah dengan nilai akuntabel C. "Karena itu perlu kerja keras semua pihak, khususnya dalam lingkungan birokrasi," ucapnya.

Kualitas pelayanan publik, menurut Yuddy, harus terus meningkat sebab Indonesia sudah masuk dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan bagian dari masyarakat internasional melalui Sustainable Development Goals (SDGs).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement