Selasa 19 Apr 2016 21:18 WIB

Pendaftar Panwaslu DIY Sepi Peminat

Rep: Yulianingsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Yahanan Sulam
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pendaftaran panitia pengawas Pemilu 2017 di DIY untuk ppengawasan Pemilihan Wali Kota Yogyakarta dan Pemilihan Bupati Kulonprogo sepi peminat. Pendaftaran yang dibuka sejak 16 April 2016 lalu baru diminati dua calon peserta.

"Hingga hari ini baru dua pendaftar," ujar anggota Bawaslu DIY Divisi Organisasi dan SDM, Bagus Sarwono, Selasa (19/4).

Karenanya kata dia, jika sampai batas waktu pendaftaran belum memenuhi syarat maka pendaftaran seleksi Panwaslu akan diperpanjang.

Menurutnya, sesuai ketentuan, masing-masing daerah penyelenggara Pemilu setidaknya diikuti oleh sembilan pendaftar Panwaslu. Ini dilakukan agar tim panitia seleksi  bisa melakukan tahapan selanjutnya. Tapi sampai sekarang baru ada dua pendaftar, satu pendaftar dari Kota Yogyakarta dan satunya dari Kulonprogo.

Proses pendaftaran pun masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan, atau paling lambat Jumat (22/4) di Kantor Bawaslu DIY Jalan Nyi Ageng Nis No 544 Rejowinangun Kotagede. Jika sampai batas waktu masih belum memenuhi syarat minimal jumlah pendaftar, maka pendaftaran otomatis akan diperpanjang.

Sesuai rencana, hasil akhir penjaringan anggota Panwas ditargetkan sudah bisa diputuskan pada akhir Mei 2016. Selanjutnya pada awal Juni 2016 dapat dilantik guna mengawasi tahapan pilkada di Kota Yogya maupun Kabupaten Kulonprogo.

Dengan adanya perpanjangan pendaftaran ini kata dia, maka otomatis kinerja tim pansel harus lebih ekstra supaya tidak molor dari jadwal. "Kami akan menggencarkan sosialisasi pendaftaran guna membantu tim pansel. Salah satunya dengan mendatangi tiap kecamatan, terutama yang di Kulonprogo," katanya.

Bawaslu DIY berharap, masyarakat memiliki kesadaran untuk mengawal proses demokrasi yang ada di daerahnya. Sehingga, jika semakin banyak pendaftar maka akan memudahkan dalam memilih anggota Panwas yang berkualitas.

Sementara Mada Sukmajati, Ketua tim Pansel Panwas  mengatakan, momentum ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk mengawal pelaksanaan pilkada yang berintegritas di Kota Yogya maupun Kabupaten Kulonprogo.

Oleh karena itu, dia berharap masyarakat  agar berkunjung ke Kantor Bawaslu DIY guna mengambil berkas pendaftaran. "Tim seleksi sangat berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan ini dengan menjadi pengawas" ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement