Senin 18 Apr 2016 18:42 WIB

Deddy Mizwar: Daripada Direklamasi, Jakarta Lebih Baik Dijadikan Venesia

Rep: arie lukihardianti/ Red: Taufik Rachman
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ikut bersuara soal pro dan kontra reklamasi Teluk Jakarta. Menurut Deddy, Ia sempat menyampaikan usul agar wilayah Jakarta Utara dibiarkan tenggelam daripada direklamasi.

"Saya becanda, tapi bisa jadi serius. Saya bilang, udah (Jakarta Utara) jadikan kaya Venesia, jadi wisata baru," ujar Deddy kepada wartawan ditemui di Gedung Sate, Senin (18/4).

Menurut Deddy, usulan tersebut sempat Ia sampaikan dalam rapat koordinasi beberapa waktu lalu dengan beberapa menteri. Usulan tersebut muncul, karena di wilayah tersebut permukaan tanahnya turun terus. Sehingga, solusi tepat adalah dengan membiarkannya tenggelam.

"Penduduk di sana masih bisa menjadi nelayan, nah yang enggak jadi nelayan, bisa pindah ke wilayah Bodebek Karpur (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Bekasi), kan masih luas," katanya.

Jadi, kata dia, yang terpenting bagaimana bekerja sama membangun kota baru, di Jakarta Utara. "Bikin wisata baru," katanya.

Deddy juga khawatir dengan reklamasi malah memindahkan lokasi bencana. Karena, material tersebut harus dipertanyakan bangunannya dari mana.

"Lihat rusaknya Bogor saat ini gara-gara pertambangan. Silahkan cek ke sana, investigasi oleh wartawan," katanya.

Deddy berharap keputusan dilanjutkan atau tidaknya reklamasi harus berdasarkan aturan jelas. Jangan sampai, pemerintah hanya terbawa opini yang dibentuk di media.

"Keputusannya jangan dibuat oleh opini publik yang digiring media atau akun-akun ribuan anonim," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement