Rabu 13 Apr 2016 17:28 WIB

BMKG: Hujan Deras Berdurasi Pendek Masih Terjadi

Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)
Foto: Antara Foto
Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID SEMARANG  -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi (BMKG) Semarang memprakirakan hujan deras disertai angin kencang dengan durasi pendek masih akan terjadi selama musim pancaroba di sebagian wilayah di Jawa Tengah.

"Pada April, sebagian wilayah di Jawa Tengah sudah memasuki musim pancaroba," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Reni Kraningtyas di Semarang, Rabu (13/4).

Menurut Reni, salah satu ciri wilayah yang sudah masuk musim pancaroba yakni hujan deras disertai angin kencang namun hanya berlangsung sebentar. "Biasanya terjadi antara sore hingga malam hari," katanya.

Reni menuturkan daerah di Jawa Tengah yang sudah memasuki musim pancaroba meliputi wilayah utara, selatan serta timur. Untuk Jawa Tengah bagian tengah, lanjut dia, saat ini masih masuk musim hujan.

Reni menambahkan suhu air di permukaan laut masih cukup hangat. Kondisi tersebut, kata dia, menunjukkan masih terjadi penguapan yang memicu terjadinya awan hujan. "Suhu udara juga masih normal, berkisar antara 32 hingga 33 derajat Celcius," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement