Selasa 05 Apr 2016 18:01 WIB

Api di Pasar Badung Berasal dari Lantai Bawah

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pedagang menggelar lapak dagangan mereka di lahan parkir Pasar Badung, Kota Denpasar, Bali, Kamis (3/3).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Sejumlah pedagang menggelar lapak dagangan mereka di lahan parkir Pasar Badung, Kota Denpasar, Bali, Kamis (3/3).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Tim Laboratorium Forensik Polresta Denpasar memastikan api yang memusnahkan Pasar Badung Denpasar berasal dari lantai bawah. Hal itu teridentifikasi dari bekas kebakaran yang sangat dalam.

"Bagaimana mungkin di tempat yang sama, dengan dagangan yang sama, tetapi bekas yang ditimbulkan berbeda," kata Kepala Laboratorium Forensik Cabang Denpasar, Kombes Pol Koesnadi.

Pasar Badung terbakar pada 29 Februari 2016, sekitar pukul 18.10 Wita. Akibat kebakaran tersebut para pedagang hingga saat ini belum bisa berjualan sebagaimana sewajarnya.

Kepada wartawan di Denpasar, Selasa (5/4), Koesnadi mengatakan dari penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan timnya, tidak ditemukan sebab-sebab karena masalah teknis pada konstruksi pasar. Koesnadi juga mengatakan tidak ditemukan sebab karena hubungan singkat arus listrik.

"Artinya listrik di pasar Badung aman tidak ada kerusakan. Selain itu juga tidak ditemukan alat mekanik yang menghasilkan panas, dan tidak ada barang kimia," kata Koesnasi.

Memberikan keterangan pers bersama Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Hery Wiyanto, Koesnadi menolak memberikan kesimpulan apa penyebab terjadinya kebakaran. Dia mengatakan, asal api berasal dari lantai bawah, kemudian api ke atas, memusnahkan lantai dua dan tiga, serta sebagian lantai empat yang menjadi kantor pasar.

"Selama dua hari kami terjun ke pasar Badung, disana kami tidak menemukan ada barang-barang berbahaya. Hasil abunya juga negatif artinya memang tidak ada benda-benda disana yang menyebabkan api itu muncul," katanya.

Kombes Pol Hery Wiyanto mengatakan untuk masalah pasar itu apakah sengaja dibakar atau tidak saat ini masih pengembangan yang dilakukan oleh pihak Polresta Denpasar.‎ "Yang pasti belum ada kesimpulan mengarah kesana. Apakah benar sengaja dibakar atau tidak, bisa jadi ada human eror. Dia buang putung rokok atau bagaimana," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement